5 Trend Desain Grafis Di Tahun 2020

Oktober 12, 2020

 

 


Desain grafis merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia bisnis dan menjadi faktor yang mendukung bagi sebuah produk. Dengan adanya desain grafis, bisnis dapat dikembangkan dan pasarkan kepada target pasarnya. Selain itu, desain juga dapat menjadi sebuah tolak ukur untuk perkembangan jaman. Seorang desainer tentunya harus bisa melihat desain yang sedang booming saat ini agar produk atau bisnisnya dapat sejalan dengan minat orang-orang di dunia.

Desain grafis juga merupakan salah satu faktor penting sebagai penentu selera masyarakat. Untuk itu Tim Game Lab akan memberikan beberapa trens desain yang akan booming pada tahun 2020. Simak artikel ini hingga akahir untuk mengetahui tren-tren tersebut.

 

1. Monokrom


Ide dekorasi dalam mengaplikasikan konsep hitam putih | SUTOMO TOWER - Sewa  Ruang Kantor Medan 

 

Hal pertama yang perlu kalian ketahui untuk tren desain di tahun 2020 adalah adanya penggunaan warna-warna monokrom dengan warna yang krontras, serta kecenderungan warna-warna cerah yang tegas. 

Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini sering kita lihat kecenderungan desainer grafis dan web menggunakan efek warna monokrom pada gambar yang mereka buat. Filter warna duotone ini banyak digunakan pada foto atau elemen parsial dalam komposisi grafik. Penggunaan filter ini tentunya melibatkan warna-warna yang cenderung cerah dan kontras satu sama lainnya.

Selain itu dalam segi penggunaan warna untuk ilustrasi, cenderung menggunakan warna-warna cerah yang tegas, seperti warna-warna neon. Dalam desain grafis, warna-warna cerah seperti ini sering dianggap sebagai warna futuristik yang sering dikaitakan dengan Cyberpunk, genre fiksi ilmiah yang biasanya menggambarkan kota-kota gelap, futuristik, denagn banyak neon disana-sini. 

 

2. Typografi unik dan custom

ID-CorelDRAW : SENI DALAM TIPOGRAFI 

 

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya penggunaan tipografi masih menjadi sebuah hal yang penting dalam sebuah desain grafis. Demi menciptakan komposisi yang lebih modern dan inovatif, desainer akan lebih banyak menggunakan tipografi khusus yang dipersonalisasi. Tren ini diperkirakan akan berkembang di tahun 2020. 

Dalam beberapa tahun terakhir tipografi telah menjadi semakin besar, lebih berani, dan lebih berekspresi dengan cara yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Hal tersebut membuktikan bahwa komposisi yang ada pada teks tidak membatasi desainer untuk terus bereskperimen dalam mencari bentuk tipografi yang unik sesuai dengan personalisasi produk atau brand.

Salah satu hal yang patut menjadi perhatian adalah harga lisensi font yang semakin mahal, terutama untuk merek global. Sehingga untuk personalisasi font khusus secara profesional juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Membuat font khusus untuk merek atau brand bisa menjadi hal yang bagus untuklebih menonjolkan diri pada tahun 2020 ini. Tipografi khusus dan unik akan menjadi tren besar pada tahun 2020.

 

3. Desain Geometrik

 

skyseo: Seperti Inilah Jika Desain Grafis Bertema Superhero Berbentuk  Geometris 

 

Sebagai salah satu elemen dasar dari desain grafis, garis juga dapat mengekspresikan bentuk dan sifat dari sebuah objek. Garis-garis geometris menggambarkan benda yang dibuat oleh manusia dan teknologi, sedangkan garis lengkung menggambarkan bentuk yang alami. Pada tahun 2020 ini perpaduan dari kedua garis tersebut sehingga dapat menciptakan sebuah bentuk yang indah yang terlihat tidak nyata atau tidak mungkin. Para desainer menggabungkan kedua bentuk garis-garis geometri tersebut untuk menciptakan desain yang futuristik dan misterius. Desain seperti ini akan populer pada tahun 2020.

Desain garis yang tipis, ramping, abstrak dann sulit dilakukan tanpa bantuan dari komputer, sehingga hal ini akan populer di bidang teknologi dan branding karena dapat mengekspresikan teknologi masa depan. Desain geometris mungkin akan terlihat sederhana tetapi sebenarnya membutuhkan banyak kesabaran dan waktu untuk menciptakan komposisi yang dapat membawa makna yang dapat dipahami oleh audience.

 

4. Isometri Ilustrasi

 

22 Illustrator Tutorial untuk Membuat Isometric Ilustrasi 

 

Siapa yang tidak mengenal ilustrasi atau desain isometrik? Ilustrasi atau desain isometrik sebenarnaya sudah menjadi tren selama bertahun-tahun dan tentunya ilustrasi ini sudah memiliki banyak transformasi. Ilustrasi isometrik sudah sering digunakan untuk desain infografis, desain presentasi, dan desain web. ilustrasi ini banyak disukai oleh para desainer karena kemampuan mereka untuk menggambarkan objek 3 dimensi ke dalam permukaan 2 dimensi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ilustrasi ini sudah mengalami berbagai macam transformasi, namun pada tahun 2020 ini transformasi yang terlihat mencolok adalah adanya animasi pada ilustrasi tersebut. Karena pada tahun 2020, animasi adalah segalanya. Ilustrasi atau desain isometrik berkembang menjadi sebuah karya visual yang sangat menarik dalam bentuk animasi. Pernyataan objek  3 dimensi ke dalam permukaan 2 dimensi terlihat menjadi lebih nyata dari sebelumnya. 

5. Collages of Drawings and Photos

 

"Social Medial l Colapa" Pict by Alejandro Orbe on Behance 

 

Tren yang cukup menarik dan kreatif yang akan mulai banyak digunakan pada tahun 2020 adalah kombinasi foto dan gambar atau doodle. Doodling telah mulai menjadi sebuah tren yang menyenangkan di dunia ilustrasi bahkan jauh sebelum menjadi sebuah tren seperti sekarang ini. Bisa kita ingat saat dulu masih berada di bangku sekolah kita sering mencorat-coret notebook atau buku pelajaran dengan gambar-gambar doodle, mungkin saja terinspirasi dari hal tersebut. 

Mencoret-coret, dengan tangan, kadang terlihat abstrak, tidak rapi namun menyimpan sebuah personalisasi dari desainer masing-masing. Hal ini membuat doodle satu dengan lainnya berbeda sesuai dengan coretan dari desainernya. Tahun 2020, desainer coba menggabungkan foto dan ilustrasi sederhana menggantikan bagian foto atau seakan berinteraksi dengan foto. Mirip dengan tren mencoret-coret pada buku kenangan atau pada papan mading namun dengan porsi yang jauh lebih kreatif. Sudah dipastikan tren ini akan ditemui pada tahun 2020, karena merupakan predisposisi kreativitas dan merupakan sebuah peluang besar untuk menciptakan sebuah karya yang unik.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe